Beda Kursus AutoCAD dan Kursus Drafter

Kursus AutoCAD yang dipelajari adalah bagaimana kita bisa mengoperasikan fungsi2 yang ada di AutoCAD untuk menggambar.
 
Sedangkan kursus drafter kita belajar membuat gambar yang akan digunakan untuk pembuatan gedung, bangunan, jalan, mesin, kapal dll. Bisa jadi gedunganya, atau jalannya, atau mesin dll nya belum ada. Makanya dibuat gambarnya terus dari gambar tersebut dibuat barangya. Bisa jadi drafter bekerjanya tidak hanya menyalin gambar yang sudah ada. Unuk itulah mengapa drafter harus menguasai teknik membuat gambar kerja sesuai dengan standar yang berlaku, sehingga gambarnya bisa dimengerti oleh orang lain yang akan mengerjakan bangunan yang mereka gambar, atau membuat mesin yang mereka gambar dll.
 
Punten pisan, beberapa temen yang tidak mempunyai latar belakang teknik, terkadang dengan percaya diri kalau dirinya sudah menguasai AutoCAD, juga SketchUP, dirinya mau bekerja sebagai drafter. Mungkin Anda bisa tapi nanti sering menemukan kebingungan, atau keraguaan, atau ketidakyakinan ketika membuat gambar.
 
Jadi buat temen-temen yang tidak mempunyai latar belakang teknik ada tahapan untuk menjadi seorang drafter. Temen2 kita yang sekolah/ kuliah di bidang teknik, mereka melalui proses, belajar gambar teknik, belajar teknologi mekanik, yaitu belajar bagaimana memotong logam, membubut, menyambung, mengelas, dll. Juga belajar ilmu material yang mempelajari kekuatan material, karakteristik material, dll. Belajar mekanika teknik, belajar thermodinamiki, mekanika fluida dll. Itu saja mereka masih harus belajar lagi bagaimana mempraktekkan teori tersebut dalam dunia nyata dalam bidang engineering.
 
Mungkin temen2 waktu kursus AutoCAD belajar menggambar mesin atau denah rumah. Tapi itu hanya menjiplak saja, karena memang tujuannya hanya mengenal fungsi-fungsi AutoCAD nya.
 
Kalau kursus drafter, temen-temen belajar bagaimana agar sebuah gedung bisa dibangun, bagaimana cara mempersiapkan gambarnya. Agar mesin bisa difabrikasi bagaimana cara mempersiapkan gambarnya dll. Adapun salah satu alat buat menggambarnya adalah AutoCAD yang tentunya harus dikuasai pula. Belajar bagaimana membuat potongan agar jelas, belajar bagian mana yang harus dipotong, belajar bagian mana yang harus dizoom agar jelas, belajar bagaimana membuat skalanya, belajar bagaimana menggambar sambungannya, belajar bagaimana menggambar pembesiannya dll.
 
Kalau hanya belajar AutoCAD Insya Allaah sebentar saja juga sudah bisa. Pengalaman di Kampung Drafter 2x pertemuan biasanya sudah bisa menguasai AutoCAD, yang perlu waktu dan proses agak lama adalah belajar ilmu draftingnya. Dan bila temen2 ingin menjadi drafter yang profesional temen-temen harus menguasai ilmu draftinganya.
 
Tidak ada yang sulit dipelajari. Di mana ada kemauan di situ ada jalan!
 
Semoga bermanfaat.
Salam Hangat dan Jabat Erat
Kampung Drafter Tempat Belajar Engineering Drawing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *